Posted on

Terlepas dari semua kemajuan yang dibuat selama beberapa tahun terakhir dalam pendidikan dan perawatan, itu tetap menjadi penyebab utama kematian di dunia. Dan banyak dari kematian ini dapat dicegah. Setidaknya banyak orang dapat hidup dengan perawatan pencegahan yang tepat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk hidup panjang dan sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda mengurangi risiko terkena sakit jantung:

1. Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan dapat sangat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Bahkan kehilangan sedikitnya 5 sampai 10 persen dari berat badan Anda dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Jika Anda menemukan jenis diet yang tepat untuk memotong kalori itulah kunci untuk menurunkan berat badan.

2. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ini membantu dalam beberapa cara. Pertama, memperkuat jantung, membuatnya lebih mudah untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan sedikit ketegangan. Ini juga membantu menjaga berat badan yang sehat. Olahraga juga dapat menurunkan resiko penyakit kolesterol.

3. Perhatikan Nutrisi

Pola makan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Orang yang mengikuti diet Mediterania 47 persen lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung. Diet Mediterania berfokus pada makan makanan yang kaya buah dan sayuran segar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan dan makanan laut, daripada daging merah dan olahan. Diet sehat ini juga menyerukan untuk menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun dan rempah-rempah, bukan garam. Agar mengetahui informasi tentang penyakit jantung dianjurkan untuk berkonsultasi langsung, salah satu caranya ialah dengan chat dokter jantung

4. Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dalam beberapa cara. Pertama, dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kurang tidur dapat menghambat kemampuan lobus frontal otak Anda yang mengatur pengambilan keputusan dan kontrol impuls untuk melakukan yang terbaik. Ditambah lagi, ketika Anda lelah, otak Anda mulai mencari sesuatu untuk membuat Anda merasa lebih baik, sehingga lebih sulit untuk menahan keinginan untuk makan. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang tidur lima jam atau kurang sehari memiliki 50 persen lebih banyak kalsium di arteri koroner mereka daripada mereka yang tidur tujuh jam sehari. Penumpukan kalsium adalah tanda peringatan untuk penyakit jantung potensial.

5. Bersantai

Stres yang terus-menerus dapat meningkatkan faktor risiko seperti tekanan darah tinggi dan pembentukan plak arteri yang dapat memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Stres juga dapat menyebabkan makan berlebihan, merokok, dan kebiasaan lain yang meningkatkan faktor risiko Anda. Salah satu cara termudah untuk melibatkan sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk merilekskan tubuh, adalah pernapasan dalam. Tarik napas melalui lubang hidung sampai perut Anda mengembang. Tahan napas selama beberapa detik, lalu hembuskan melalui mulut. Melakukan ini selama dua menit dapat memiliki efek mendalam pada kemampuan tubuh Anda untuk rileks. Jika anda memiliki keluhan tentang jantung, anda dapat secara langsung untuk chat dokter.

6. Pertahankan sikap positif

Pasien jantung yang memiliki tingkat rasa syukur yang lebih tinggi memiliki suasana hati yang lebih baik, kualitas tidur yang lebih tinggi, lebih sedikit kelelahan dan lebih sedikit peradangan, gejala yang memburuk dengan perkembangan penyakit. Orang-orang yang mengekspresikan optimisme dan yang umumnya memancarkan kesejahteraan psikologis yang positif memiliki penurunan risiko penyakit kardiovaskular.